Download Suara Burung Ruak Ruak Pikat Jantan

Download suara burung ruak ruak pikat betina memanggil jantan terbaik dengan kualitas jernih saat malam ataupun siang dalam bentuk mp3 akan menjadi senjata ampuh sobat sekalian dalam soal pikat burung ruak ruak asli di alam.

Burung ruak ruak atau sering juga disebut dengan burung burwok atau truwok adalah jenis burung alam yang banyak dicari untuk dijadikan burung konsumsi.

Tekstur dagingnya yang berserat serta tidak apek menjadikan jenis burung ini banyak di buru untuk menghasilkan pundi pundi uang.

Yakni dengan cara menjual dagingnya.

Di alam liar,

Burung ruak ruak sendiri masih sangat terjaga sekali kelestariannya berbeda dengan jenis burung kicau atau pengicau, perbedaannya hanyalah pada keunggulan dan cara mendapatkan penghasilannya.

Jika burung ruak ruak atau truwok ini diambil dagingnya, maka pada kacer hanya diambil suara burung kacer yang cukup bervariasi untuk dijadikan masteran.

Habitatnya yang suka bersembunyi di semak semak atau di lahan persawahan menjadikan burung ruak ruak sangat mudah untuk di pikat.

Dan banyak para pemburu burung pedaging yang menggunakan burung ruak ruak mp3 untuk memanggil atau mengumpulkan burung ruak ruak lainnya.

Suara dari burung ruak ruak untuk memanggil burung lainnya yang paling efektif adalah dengan menggunakan ruak ruak betina birahi.

Kenapa ?

Karena dengan menggunakan tipe suara ini maka jenis ruak ruak jantan akan mendatangi sumber suara dan akan masuk kedalam jebakan yang sudah dipersiapkan.

Berikutnya mari kita kenali jenis burung ini lebih jauh.

Suara Burung Ruak Ruak Pikat Durasi Panjang

Burung ruak ruak merupakan burung pedaging yang habitatnya berada sekitar semak belukar, hutan bakau, persawahan, rawa rawa serta daerah yang berair atau basah.

Selain itu, nama lain yang cukup populer dari burung ini adalah burung kareo padi.

Dan burung ini merupakan spesies burung dari keluarga Rallidae dengan daerah penyebarannya di sekitaran wilayah asia tenggara.

Dan berikut ciri morfologi dari burung yang satu ini.

Ciri Ciri Burung Ruak Tuak Atau Burwok :

1. Tinggi tubuhnya mencapai 20 cm dan panjangnya mencapai 15cm.

2. Postur tubuhnya terlihat ramping serta memiliki ekor yang pendek.

3. Memiliki kaki yang jenjang atau panjang serta ukuran paruhnya sedang.

4. Bulunya yang berwawrna coklat yang sedikit abu abu.

5. Dada serta tenggorokannya memiliki warna putih yang sangat terang.

6. Memiliki ciri suara yang sangat khas yakni wok wok wok.

Mengenal Burung Ruak Ruak

Burung ruak ruak memiliki nama binomial dalam bahasa latin yaitu “Amaurornis phoenicurus” yang merupakan salah satu burung kicauan dari famili “Rallidae” dan genus “Amaurornis“.

Dan berikut ini tabel klasifikasi ilmiah dari burung ruak-ruak selengkapnya yang bisa sobat ketahui.

Klasifikasi Ilmiah Burung Ruak Ruak
Nama binomialAmaurornis phoenicurus
SinonimErythra phoenicura
SpesiesA. phoenicurus
GenusAmaurornis
FamiliRallidae
OrdoGruiformes
KelasAves
FilumChordata
KingdomAnimalia
Status konservasiRisiko Rendah

Selain dikenal dengan nama ruak-ruak, burung ini dikenal juga dengan sebutan burung kareo padi dan manuk trowok (dikenal di daerah jawa timur dan tengah).

Karena burung ini lebih aktif di kawasan yang berair maka para ahli pakar burung mengelompokan burung ini kedalam jenis “water bird“.

Habitat hidup burung ruak ruak adalah pada kawasan seperti sawah, hutan bakau, parit tepian jalan dan rawa-rawa serta daerah yang berair.

Berbeda dengan kebanyakan burung jenis lainnya yang aktif dipepohonan dan berkicau merdu seperti burung Blackthroat yang mana suara burung Blackthroat sangat beragam dan berkelas.

Adapun penyebaran dari burung truwok meliputi kawasan seperti China bagian selatan, India, Asia Tenggara, serta Filipina.

Dan di Indonesia, burung ruak-ruak tersebar luas dan merata hampir di pulau-pulau besar seperti Sumatra, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali.

Seperti dikawasan pulau Jawa misalnya, kita bisa menemukan burung kareo padi atau ruak ruak ini di kawasan seperti pesisir Lumajang serta Kawasan basah di daerah Jawa Timuran.

Namun amat sangat disayangkan karena pemakaian pupuk kimia pada kawasan persawahan dan rawa rawa yang membuat tanah serta serangga-serangga buruan dari burung ini menjadi hilang.

Dan akibatnya burung ruak-ruak sudah sangat jarang kita temukan pada daerah-daerah tersebut.

Karena habitat burung ini yang sudah mulai tercemar, ada sebagian kelompok yang mencoba melindungi burung ini dari kehilangan habitat aslinya.

Salah satunya adalah kelompok yang menamai dirinya dengan Minat Tirta Lawalata dari IPB (Institut Pertanian Bogor).

Kelompok tersebut telah memelihara burung ruak-ruak di Danau LSI pada kawasan IPB (Institut Pertanian Bogor).

Selain dari pada pencemaran, burung ini juga mengalami penurunan jumlah karena perburuan yang besar -besaran dan mengincar burung ruak-ruak untuk dijadikan burung konsumsi.

Dialam bebas, burung ruak-ruak merupakan burung pemakan serangga dan biji-bijian.

Habitat Asli Burung Ruak-Ruak
Habitat Asli Burung Ruak-Ruak

Yang menjadi unik dari burung ini adalah ketika berjalan.

Dia berjalan dengan menegakkan ekornya sampai warna tubuh bagian bawahnya bisa terlihat dengan jelas.

Berdasarkan habitat asli hidupnya, burung ruak ruak mampu hidup pada kawasan sampai 1600 mdpl (meter diatas permukaan laut) pada kawasan Sunda Besar.

Burung ini dikenal akan burung yang hidup sendiri dan kadang membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 3 ekor saja namun itu tidak berlangsung lama.

Burung ini senang untuk memanjat pohon kecil dan menelusup ke semak-semak untuk menemukan makanannya.

Ketika musim kawin tiba, maka burung ini akan membuat sarang dari alanag alang, jerami, rumput-rumput yang tinggi serta dari semak belukar yang bentuknya tidak rapi berbentuk cekungan.

Biasanya sangkar tersebut akan diletakannya di atas tanah dengan ketinggian mencapai 2 meter dengan alas sangkarnya biasanya dibuat dari ranting pohon kering serta batang tumbuhan lainnya.

Yang menjadi ciri khas dari burung ini adalah suaranya yang terdengar unik, burung ini memiliki nada “uwok-uwok” dan kadang berbunyi “per-per-a-wak-wak-wak” ketika manggung.

Karena burung ini merupakan jenis burung yang banyak hidup dipersawahan banyak yang mengira khususnya yang belum paham burung bahwasannya burung ini disebut dengan burung Cucak Rowo, padahal secara bentuk dan suara juga jauh berbeda.

Suara burung ruak ruak dan suara burung cucak rowo bagaikan langit dan bumi, ruak ruak hanya memiliki nada lagu berkicau yang monoton sedangkan cucak rowo memiliki banyak variasi kicauan.

Nah, itu tadi sekilas mengenai burung alam liar satu ini.

Selanjutnya mari kita menuju daftar audio pikat dari burung ruak ruak paling ampuh berikut ini.

Download Suara Burung Ruak Ruak Mp3

Disini kami akan membagika 4 jenis suara terbaik dari ruak ruak betina atau burung truwok betina dengan kualitas jernih, sehingga audio ini bisa sangat maksimal untuk dijadikan audio pikatan burung alam liar.

Silahkan sobat pilih darui daftar audio burung ruak ruak betina birahi dengan durasi panjang dan berbagai variasi lainnya berikut ini.

1. Suara Burung Ruak Ruak Betina Birahi Free

Berikut ini kumpulan variasi audio rekaman mp3 suara ruak ruak betina pemikat yang sedang birahi dan memanggil pejantan.

Silahkan download audionya.

>> Download Suara Ruak Ruak Betina

 

>> Suara Burung Buburak Gratis

2. Suara Ruak Ruak Bersih Untuk Pikat Durasi Panjang

Dan berikut ini audio untuk memanggil kumpulan burung ruak ruak agar mau mendekat baik di waktu pagi hari maupun malam hari.

Silahkan anda download audionya.

>> Download Mp3 Ruak Ruak Pikat

 

>> Suara Burung Wak Wak Versi Om Kicau

 

>> Mp3 Suara Truwok

Itu tadi daftar audio dari burung ruak ruak yang bisa sobat setia clubburung download secara gratis dan mudah tentunya dan juga sedikit ulasan pengetahuan tentang burung ruak-ruak yang bisa sobat pelajari juga.

Semoga bisa diambil hal yang bermanfaat dari tema kali ini ya broo..

Tinggalkan komentar